My Dream

Journey of Sinta Yudisia

Saya bukan pengejar deadline.
Meski, kalau dipaksa bisa, dengan hasil yang kurang memuaskan. Bulan Nararya adalah novel yang sudah saya tulis lebih dari 6 bulan yang lalu. Saya tulis, jadi novel, saya revisi. Saya tambahi sepanjang dalam perjalanan di kereta api. Begitulah. Dibongkar, diambil bagian yang tegang, cut. Taruh di depan. Yang ini diletakkan disini, yang ini dpindah kesini.

13031171-the-word-deadline-circled-on-a-calendar-to-remind-you-of-an-important-due-date-or-countdown-for-your
Tapi cukup banyak pemenang lomba Tulis Nusantara yang mengerjakan karyanya mepet waktu dan….menang! Setidaknya masuk 50 besar hingga 10 besar. Saya betul-betul penasaran, bagaimana perjalanan cerita mereka? Bagaimana menaklukkan waktu? Bagaimana mendapatkan inspirasi, menyelesaikan cerita?

1. A menulis puisi, sembari menggendong, menyusui bayi, mengetik, menjelang deadline jam 00.00. Masuk 50 besar
2. B baru tau menjelang 5 hari penutupan, dikabari temannya. Masuk fiksi 3 besar
3.C awalnya gak berniat ikut, karena teman-temannya tidak ikut, ternyata masuk puisi 3 besar, dikerjakan menjelang deadline
4.D mengerjakan novel, melengkapinya di detik-detik terakhir, dibantu suami…

View original post 453 more words